Kualifikasi Merchandiser Garment yang Baik
Kualifikasi Merchandiser Garment yang Baik
“Life is study, if you don’t study you look like not life”
Kualifikasi Merchandiser Garment yang Baik sangat berpengaruh terhadap order, karena di dalam industri sektor garmen, seorang merchandiser adalah orang yang bekerja sebagai perantara atau jembatan antara pembeli dan produsen.
Dia adalah orang yang paling utama bertanggung jawab dalam proses pembuatan produk, menjadi merchandiser berarti Anda harus memiliki skill, pengetahuan, wawasan, & koneksi yang baik dan luas tentang sisi bisnis dunia. Di mana, Anda bukan seorang desainer, tapi Andalah yang bisa mengetahui desain mana yang akan menjadi tren center berikutnya yang banyak peminatnya.
Seorang merchandiser harus menjaga hubungan baik dengan supplier, pembeli dan produsen. Untuk menjadi seorang merchandiser yang baik, sebagian kualifikasi harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Seorang merchandiser pakaian yang baik dan berkualitas harus memenuhi kualifikasi & kriteria Merchandiser sebagai berikut:
- Keterampilan Komunikasi Yang Sangat Baik:
Tidak bisa dipungkiri komunikasi adalah yang paling penting & krusial bagi seorang merchandiser. Untuk menjadi merchandiser yang berkualitas, komunikasi adalah masalah utama dan penting. Dengan cara apa pesanan akan selesai, itu sepenuhnya tergantung pada keterampilan komunikasi yang sangat baik dari merchandiser. Jika kamu bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pembeli, supplier, dan memproduksinya kemudian seluruh proses akan sangat mudah untuk menyelesaikan suatu pesanan.
Karena suatu informasi yang teramat penting bisa sampai ke pendengar dengan baik adalah tergantung tingkat penyampaian & komunikasi dari seorang merchandiser. Ketika terjadi miskomunikasi antara seorang merchandiser dengan supplier, produsen, dan pembeli, maka akan berdampak pada pesanan tersebut. Ketrampilan dalam berkomunikasi bisa dilatih dengan cara memperbanyak presentasi & berbicara dalam event yang besar sehingga membangkitkan tingkat kepercayaan diri yang nantinya berguna dalam kemampuan berkomunikasi.
- Kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik:
Di tengah era digital & semakin modern seperti sekarang, komunikasi sangat bergantung pada kemampuan berbahasa Inggris, apalagi jika kita berhubungan dengan orang asing. Kenapa skill bahasa inggris harus dimiliki? Karena secara umum bahasa inggris adalah bahasa yang paling digunakan dalam komunikasi di dunia internasional, terkecuali jika anda hanya berhubungan dengan pihak local, anda tidak perlu mahir berbahasa inggris.
Namun, mayoritas industri garmen akan melibatkan pihak luar, jadi kemahiran bahasa Inggris adalah kriteria yang dicari & dibutuhkan untuk seorang merchandiser garmen. Dengan skill berbahasa inggris yang baik akan membantu seorang merchandiser untuk berkomunikasi dengan baik dengan pembeli / Buyer dari luar.
- Pengetahuan Mengenai Produk Unggul:
Seorang merchandiser pakaian yang berkualitas seharusnya juga mengetahui pengetahuan produk yang dibutuhkan & diminati pasar. Dengan kemampuan membaca kondisi pasar, selain mendapatkan informasi yang benar tentang produk dari pembeli tetapi juga kita bisa menyarankan informasi akurat ke pabrikan mengenai kecenderungan kebutuhan pasar.
- Keterampilan Komputer:
Pada era saat ini, media virtual adalah salah satu yang paling mudah dan cara populer untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Semua jenis pencatatan dan pembentukan basis data, keterampilan komputer adalah keharusan untuk seorang merchandiser.
Terlihat bahwa, sebagian besar pembelian rumah benar benar berbasis teknologi. Di mana, pembeli menerima setiap hari pembaruan melalui Skype, Viber, whatsapp, dan alat komunikasi lainnya. Jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknologi komputer maka pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah.
Komunikasi selain dengan dengan lisan, juga dilakukan secara verbal seperti menggunakan email. Kemampuan dalam menulis email juga sangat diperlukan, kita juga harus tahu etika & tata krama dalam ber email dengan baik.
Baca juga: Tugas dan Fungsi Merchandiser Garment
- Pengetahuan Tentang Perhitungan Konsumsi yang Sangat Baik:
Seorang merchandiser pakaian juga harus memenuhi syarat perhitungan yang akurat, misalnya memiliki skill perhitungan konsumsi yang benar, memiliki pengetahuan kalkulasi untuk mendapatkan keuntungan dari suatu pesanan. Karena, sebuah perhitungan konsumsi yang akurat adalah titik kunci untuk mencapai keuntung yang maksimal dari pesanan itu.
Jika kita bisa menghitung konsumsi seminimal mungkin, kita bisa mengurangi pemborosan yang tidak perlu & memperkirakan biaya yang nantinya akan dikeluarkan, sehingga bisa berhemat dan berguna bagi perusahaan.
- Pengetahuan yang sangat baik tentang Pabrik:
Sebelum menempatkan pesanan ke pabrik, seorang merchandiser harus mengetahui tentang situasi pabrik saat ini. Misalnya kemampuan produksi & kualitas dari pabrik itu sendiri, kita harus mempunyai cukup data mengenai performanya, bisa kita lihat dari performance shipment misalnya. Kalau tidak, nantinya akan menimbulkan masalah ke depannya dalam pengiriman pesanan.
Serta, hal ini akan menciptakan kesan buruk pada seorang merchandiser karena dengan anggapan tidak bisa membuat planning yang matang serta salah memperkirakan segala sesuatunya dalam proses produksi sesuai dengan pesanan. Jadi, untuk menjadi seorang merchandiser yang baik harus memenuhi syarat tersebut dan memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang pabrik adalah suatu keharusan.
- Kualitas dalam meyakinkan yang sangat baik:
Selama menyelesaikan pesanan, sebuah masalah dalam proses produksi adalah suatu hal yang wajar, karena dikerjakan oleh banyak orang & tingkat konsistensi per orang berbeda beda. Namun kita harus optimis bahwa ketika ada masalah pasti juga ada solusi untuk menyelesaikannya.
Di sini, kemampuan seorang merchandiser untuk menyelesaikan dan pengambilan keputusan adalah hal yang sangat krusial. Kemudian kita harus berdiskusi dengan pembeli dan meyakinkan kepada pembeli bahwa masalah akan bisa diatasi dan tidak akan mengganggu proses pengiriman barang dengan cara membuat solusi yang tepat untuk masalah tersebut.
- Cepat Dalam Pengambilan Keputusan Kualitas:
Ketika seorang merchandiser berurusan dengan pembeli, terkadang harus mengambil keputusan penting untuk pesanan itu. Hal Ini harus dilakukan dengan cukup cepat sehingga aliran konversi normal tidak sampai menghadapi gangguan apa pun. Tidak menutup kemungkinan dalam bisnis produk dan manufaktur yang sebenarnya tidak mengalami kendala sama sekali. Dengan pengetahuan dari merchandiser akan membantu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam kasus seperti itu.
Baca juga: Pre-Production Meeting (PPM) dalam Industri Garment
- Kemampuan untuk bekerja dalam Tim:
Untuk menjadi seorang merchandiser yang berkualitas, kemampuan untuk bekerja dalam tim atau kelompok adalah kriteria penting yang harus dimiliki bagi seorang merchandiser. Jika Anda berada dalam sebuah tim atau kelompok maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan dukungan yang sangat penting dari rekan setim Anda, yang nantinya membantu Anda dalam menyelesaikan pesanan secara efektif & efisien.
Dalam organisasi dengan skala yang besar, Anda harus melakukan tugas Anda dalam sebuah tim maupun grup. Di mana keberhasilan suatu pesanan akan sepenuhnya tergantung pada kerja sama antar anggota pendukung atau anggota tim.
Tentunya kalau kita tidak mempunyai kemampuan dalam berkerja sama dalam tim akan mempersulit pekerjaan kita sendiri. Karena pada dasarnya jika suatu pekerjaan dilakukan dengan anggota yang lebih banyak dengan kesolidan di dalamnya, akan membantu & mempercepat tingkat penyelesaian suatu pekerjaan.
- Pengetahuan tentang Pasar Dunia:
Jika Anda ingin menjadi seorang merchandiser yang memenuhi syarat & kategori berkualitas maka Anda perlu mempunyai pengetahuan yang cukup tentang pasar dunia saat ini. Produk seperti apa yang sedang dibutuhkan & digandrungi pasar. Dengan mengetahui kondisi pasar, anda bisa merencanakan untuk kegiatan produksi nantinya & tentunya bisa memperkirakan besaran biaya yang dikeluarkan serta potensi keuntungan yang bisa dicapai. Hal ini adalah titik kunci yang sangat penting yang harus dikuasai seorang merchandiser pakaian.
- Kualitas Analitis Yang Sangat Baik:
Kualitas analitis merupakan faktor kunci yang sangat penting bagi merchandiser yang berkualitas. Dengan kemampuan analisis yang akurat nan terpercaya dari situasi pasar akan membantu mengidentifikasi permintaan dan persediaan barang di masa depan. Karena keadaan pasar yang tidak stabil & selalu berubah ubah sesuai dengan mode, maka kualitas analisis dari seorang merchandiser sangatlah penting, sehingga di masa depan tidak akan adanya penumpukan stock yang berlebihan yang bisa mengurangi potensi keuntungan serta kita bisa memperkirakan untuk beberapa masa ke depan apa saja yang akan menjadi tren selanjutnya.
Demikianlah klasifikasi & kriteria yang harus dimiliki seorang merchandiser yang bagus, tentunya banyak hal lain lagi yang harus dikuasai. Namun, syarat utama adalah yang disebutkan di atas. Terima kasih atas kunjungannya, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat. Tetap kunjungi blog ini untuk mendapatkan update artikel selanjutnya ^^.
Supported by Garment Merchandising